Serah Terima Jabatan Dekan Fakultas Hukum

Universitas Katolik Parahyangan menyambut dekan baru Fakultas Hukum, Dr. Tristam Pascal Moeliono, S.H., M.H. yang menggantikan Dr. Bayu Seto Hardjowahono, S.H., LL.M. Pada hari Senin, 4 Mei 2015 pukul 10.00 WIB diadakan serah terima jabatan yang dihadiri oleh Rektor beserta jajarannya, perwakilan yayasan, dekan-dekan fakultas lain, kepala-kepalabiro, dosen dan karyawan Fakultas Hukum, serta tamu undangan lainnya.

Ada yang berbeda dengan penentuan Dekan Fakultas Hukum periode 2015-2019 ini. Fakultas Hukum menjadi pilot project UNPAR dalam mencari pengganti dekan dengan metode seleksi (fit and proper test). Sebelumnya Fakultas Hukum melakukan pemilihan dalam menentukan dekan yang akan memimpin. Hal ini disampaikan oleh Dr. Bayu Seto Hardjowahono, S.H., LL.M. Di dalam sambutannya juga disampaikan capaian-capaian Fakultas Hukum yang beliau sebut tercapai karena bantuan berbagai pihak, oleh karena itu ia tak lupa mengucapkan terimakasih kepada wakil dekan, dosen-dosen, dan tenaga kependidikan yang telah membantunya selama ia memimpin fakultas tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa salah satu tantangan berat bagi Fakultas Hukum bersama dekan barunya adalah adanya perubahan kurikulum, tetapi beliau menyampaikan bahwa Fakultas Hukum beruntung karena sudah memulai persiapan perubahan kurikulum tersebut.

Dr. Tristam Pascal Moeliono, S.H., M.H., Dekan Fakultas Hukum periode 2015-2019, dalam sambutan singkatnya menyatakan bahwa tongkat estafet ini baginya adalah sebuah kepercayaan. Beliau juga akan memberi kepercayaan yang sama pada orang-orang yang akan bekerjasama dengannyadalam mengembangkan Fakultas Hukum UNPAR. Baginya menjadi ‘kepala sekolah’ Fakultas Hukum (-beliau mengistilahkannya) di tengah Hukum Indonesia yang sedang porak poranda menjadi tantangan besar. Beliau berharap, Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan bisa menjadi cahaya di tengah kegelapan yang melanda hukum di Indonesia.

Rektor UNPAR Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D pada kesempatan sambutannya mengingatkan agenda pengintegrasian program studi S1, S2, dan S3 agar penjenjangan lebih jelas dan minat untuk melanjutkan jenjang berikutnya menjadi lebih besar. Tak lupa beliau mengucapkan terimakasih atas pengabdian Dekan periode 2013-2015 yang telah membawa Fakultas Hukum UNPAR pada capaian-capaian yang baik, salah satunya adalah akreditasi yang telah dilalui. Beliau juga mengucapkan selamat mengabdi kepada Dekan baru periode 2015-2019. Proses seleksi yang baru dilakukan dalam pemilihan dekan kali ini diyakini oleh beliau sebagai proses yang baik dalam menentukan dekan yang akan memimpin sebuah fakultas.