TPE-2016 : Kunjungan ke KPK dan PPATK

Acara Tindak Pidana Ekonomi ini diselenggarakan pada Kamis, 10 november 2016. Acara ini merupakan suatu kegiatan mata kuliah Tindak Pidana Ekonomi, dimana Pak Ismadi sebagai dosen coordinator nya. Pada hari itu, kami rombongan yang terdiri dari 69 orang mahasiswa, 4 dosen pembimbing dan 9 orang panitia berangkat mengikuti kegiatan TPE 2016 ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar rekan mahasiswa dapat mengetahui mulai dari cara kerja dan juga peran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 3:30 pagi, dimana pada pukul tsb panitia berkumpul untuk melakukan briefing sebelum acara dimulai. Pada pukul 04:00 para peserta TPE sudah mulai berkumpul di WT, dan bagi para peserta yang sudah datang, dipersilahkan untuk mobilisasi ke dalam bus. Kami memutuskan untuk berangkat dari kampus pukul 05:00, tetapi karena kendala satu dan lain hal akhirnya kami berangkat pukul 05:05. Secara keseluruhan acara ini berjalan baik dan lancar sesuai rencana yang telah kami persiapkan. Namun, ada sedikit hambatan yaitu kami terjebak macet sehingga kami terlambat 1 jam ketika sampai di gedung KPK.

Pada saat kami sampai di KPK, langsung disambut oleh humas dari KPK, dan kami langsung di mobilisasi ke dalam gedung GSG KPK. Tidak lama setelah di mobilisasi, kami langsung diberikan materi yang dibawakan oleh Bapak Jana dari pihak KPK. Setelah materi selesai, kami menutup acara dan memberikan plakat kepada pihak KPK. Setelah itu kami mobilisasi ke dalam bus sekalian melakukan makan siang di dalam bus pada saat perjalanan ke PPATK. Kita sampai di PPATK tepat waktu, dan langsung di mobilisasi ke GSG nya. Setelah pembawaan materi yang dibawakan oleh Bapak Bobby, kita akhirnya sampai di penghujung acara. Lalu kita mobilisasi ke dalam bus dan melakukan perjalanan pulang menuju Unpar, dan pada rest area KM 39 kita berhenti untuk melakukan makan malam. Setelah makan malam selesai kami melanjutkan perjalanan menuju kampus, dan akhirnya sampai kampus pada pukul 21:30.

X