HMPSIH Gelar Debat Nasional untuk Pahami Nilai Pancasila

Dalam upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Katolik Parahyangan (HMPSIH Unpar) menyelenggarakan Kompetisi Debat Tingkat SMA (Kodema) Nasional pada Jumat (31/3) sampai dengan Minggu (2/4) di Gedung 2 Fakultas Hukum (FH) Unpar.

Debat nasional ini mengusung tema ‘Moralitas Generasi Muda terhadap Globalisasi’. Salah satu anggota HMPSIH Viona menjelaskan, tema tersebut dipilih karena HMPSIH ingin menanamkan dan meningkatkan kesadaran mengenai nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kemudian, lanjut Viona, bertujuan untuk memperbaiki pola pikir generasi muda agar dapat menyikapi globalisasi dengan kritis sehingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dapat dimanfaatkan secara bijak.

Viona mengatakan, peserta diharapkan dapat berpikir kritis dan mengemukakan pendapat mereka melalui mosi debat, serta melatih kemampuan berbicara di depan umum (public speaking). Selain itu, tambahnya, sebagai sarana memperkenalkan FH Unpar kepada para peserta. Terakhir, yang terpenting, untuk memperkenalkan pemikiran mendiang Guru Besar Hukum Prof. Bernard Arief Sidharta mengenai kesadaran moral pancasila sebagai pedoman bagi generasi muda dalam menghadapi globalisasi.

Debat nasional itu diikuti oleh 12 delegasi yang terdiri dari 8 sekolah, yakni SMA Santa Maria 1 Bandung, SMAK 1 Penabur Bandung, SMAN 1 Garut, dan SMAN 12 Bandung mengirimkan dua delegasi. Adapun, SMAK Tangerang, SMAN 1 Bandung, SMA BPI 1 Bandung, dan SMA Cahaya Bangsa Bandung mengirimkan satu delegasi.

Pemenang pertama diraih oleh SMAK 1 Penabur Bandung, disusul SMAN 1 Garut pada posisi kedua, dan ketiga adalah SMAN 12 Bandung. Selain itu, best speaker diraih oleh SMA BPI 1 Bandung.

Juri babak penyisihan hingga semifinal terdiri dari dosen, alumni, dan mahasiswa. Sedangkan, juri babak final adalah dekan, ketua ikatan alumni FH, serta alumni.

“Peserta kami bekali sebuah buku yang ditulis oleh Prof. B. Arief Sidharta berjudul Ilmu Hukum Indonesia supaya mereka (peserta) paham nilai-nilai keadilan, kebenaran, dan kejujuran. Mereka membentuk argumen berdasarkan prinsip-prinsip moral baik,” ujarnya.

(Source: http://unpar.ac.id/hmpsih-gelar-debat-nasional-untuk-pahami-nilai-pancasila/)

X