Tim FH UNPAR Mewakili Indonesia di Kompetisi Philip C. Jessup International Moot Court, di Washington D.C, Amerika Serikat

Tim moot court Fakultas Hukum UNPAR dibawah koordinasi Parahyangan International Law Society (PILS) menjadi salah satu wakil Indonesia dalam Exhibition Round pertandingan Philip C. Jessup International Moot Court ke-59. Seperti dilaporkan juga oleh Antara News, hal ini dicapai setelah tim FH Unpar meraih posisi kelima pada putaran nasional kompetisi Jessup yang diikuti lebih dari 20 universitas dalam negeri di Bali bulan Februari yang lalu. Tim Jessup FH Unpar terdiri dari Andira Trianugrah Putra (2014 200 186), Einar Fausta Hertianto (2016 200 154), Rana Cinta Rahmania (2016 200 229), dan Gregorius Sachio (2016 200 264).

Kompetisi moot court Philip C. Jessup adalah kompetisi peradilan semu paling besar, paling tua, dan paling bergengsi di dunia. Tahun ini, putaran internasional termasuk Exhibition Round diselenggarakan di Washington, D.C dan diikuti berbagai universitas dari 91 negara di dunia, termasuk Yale University dan Columbia University. Kasus tahun ini berfokus pada keabsahan putusan arbitrase internasional, pelanggaran batas laut territorial dengan menggunakan drone bawah laut serta perlucutan senjata nuklir.

University of Queensland, Australia, pada akhirnya menjadi juara umum untuk kompetisi ini. Tim FH UNPAR sendiri memenangkan 2 dari 4 babak Exhibition Round melawan tim dari Italia, Chile, Mesir dan Ukraina. Modal pengalaman berlaga tahun ini diharapkan menjadi sumber inspirasi untuk PILS dan FH UNPAR secara umum untuk maju lebih jauh dan makin kompetitif menghadapi persaingan internasional.

Pada kesempatan ini, PILS dan FH UNPAR mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada para sponsor dan seluruh pihak yang telah mendukung tim Jessup FH UNPAR, baik dalam bentuk finansial ataupun pelatihan.

Tim Jessup FH UNPAR dan PILS disponsori oleh Adnan Kelana Haryanto & Hermanto, MacalloHarlin Advocates, PT Angkasa Pura I (Persero), Auto2000 dan Ikatan Alumni Universitas Katolik Parahyangan (IKA UNPAR). Kami juga didukung oleh Bpk. Albertus Pratomo, Bpk. M. S. Lumme dan Ibu Stella Atmadja (FH Unpar 2010, Presiden PILS 2012-2013) yang secara dermawan telah menjadi donatur individual PILS.

Tim Jessup FH UNPAR dilatih serta mendapatkan arahan dari para dosen, Bapak John Lumbantobing, S.H., LL.M., ACIArb., Bapak Adrianus Adityo Vityo Ramon, S.H., L.L.M. serta Ibu Dyan Fransiscka Dumaris Sitanggang S.H., M.H. Terima kasih juga kepada pelatih eksternal tim Jessup FH UNPAR, Bapak Gustaaf Reerink, L.L.M., M.A., PhD. dari firma hukum Ali Budiardjo, Nugroho Reksodiputro (ABNR), serta para senior dan alumni terutama Bapak Reynard Kevin Munando (FH UNPAR ‘04, Jessup ’08), Ibu Maya Djatirman (FH UNPAR ’03, Jessup ’06), Ibu Christine Hakim (FH UNPAR ’06, Jessup ’09-’10) dan Bapak Rosevelt Riedel Lontoh (FH UNPAR ’01) dari ABNR; Bapak Christoffel Sinambela (FH UNPAR ‘00, Jessup ’04-‘06) dari Hadiputranto Hadinoto and Partners (HHP); Ibu Made Susanti (FH UNPAR ’07, Jessup ’11-’12), Ibu Benedicta Frizka (FH UNPAR ’12, Jessup ’14) dan Bapak Adrian Panata (FH UNPAR ’11, Asia Cup ’15) dari Makarim & Taira. S; Bapak Dimas Prasetyo (FH ‘07, Asia Cup ’08, IHL ’09) dari PT Astra Honda Motor; Bapak Yeremia Paat (FH ’08, Jessup ’11-’12) dan Ibu Aiqinea Tarigan, S.H. (FH ‘12, Jessup ’14-’16) dari Hutabarat Halim dan Rekan.