Bina Desa 2018 : Kerja Bersama Membangun Desa Sadar Hukum

Bina Desa adalah salah satu kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPSIH) di bawah pengawasan Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan. Ada pun kegiatan Bina Desa yang diselenggarakan adalah sebagai bentuk pengamalan sesanti almamater kami, yaitu Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti yang berarti Berdasarkan Ketuhanan Menuntut Ilmu untuk di Baktikan kepada Masyarakat.

Kegiatan Bina Desa di tahun 2018 yang mengangkat tema “Kerja Bersama Membangun Desa Sadar Hukum” sedianya dilangsungkan di desa Cikahuripan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Pemilihan desa Cikahuripan sebagai lokasi kegiatan Bina Desa 2018 didasarkan pada tujuan kami untuk turut berkontribusi mensukseskan pembangunan nasional melalui pembinaan desa menuju desa sadar hukum.

Pembinaan Desa dalam Bina Desa 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 25, 26 dan 27 April 2018, memuat rangkaian acara seperti; diskusi hukum bersama Prof. Koerniatmanto Soetoprawiro, S.H., M.H., penyuluhan hukum bersama Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Jawa Barat dan Mahasiswa Fakultas Hukum, klinik hukum bersama LBH Pengayoman, serta malam persaudaraan dan pentas seni “Dari Desa untuk Indonesia”.

Penetapan desa Cikahuripan sebagai desa sadar hukum yang merupakan puncak dari diselenggarakannya Bina Desa 2018 pada hakikatnya merupakan hasil kerja keras dan sinergi antara semua komponen penyelenggara serta bapak/ibu yang telah ikut berpartisipasi dalam kerja sama untuk mendukung terselenggaranya Bina Desa 2018.
Maka dari itu kami, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum yang turut bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat dengan semangat pengabdian mempersembahkan BINA DESA 2018 : KERJA BERSAMA MEMBANGUN DESA SADAR HUKUM.