SIMPOSIUM NASIONAL HUKUM KETENAGAKERJAAN

Universitas Katolik Parahyangan, International Labour Organization dan Perkumpulan Pengajar dan Praktisi Hukum Ketenagakerjaan Indonesia menyelenggarakan:

FORMULIR ISIAN –> Klik Disini
FORMULIR PENDAFTARAN –> Klik Disini
TERM OF REFERENCE –> Klik Disini

Topik 1: Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Indonesia
Dewasa ini mekanisme penyelesaian perselisihan hubungan industrial di Indonesia ternyata masih menghadapi berbagai masalah dan tantangan. Banyak kritikan terkait dengan masalah tersebut, antara lain: adanya ketidaktepatan peraturan yang mengatur mekanisme penyelesaian; adanya prosedur yang tidak tepat diterapkan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam penyelesaian perselisihan hubungan industrial; adanya penerapan Hukum Acara yang tidak selalu dapat mengakomodasi proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial yang efektif; adanya sarana dan prasarana pendukung yang tidak memadai; adanya cara pikir dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial yang tidak mendukung penyelesaian perselisihan secara cepat, tepat, adil dan murah, dll. Oleh karena itu, perlu dilakukan diskusi yang akan memberi masukan positif bagaimana agar Indonesia dapat membangun mekanisme penyelesaian perselisihan industrial yang lebih efektif.

Topik 2: Penyiapan Kurikulum Nasional Hukum Ketenagakerjaan berbasis kompetensi
Dalam proses diskusi para anggota P3HKI dalam Kongres II P3HKI yang diselenggarakan di Universitas Sumatra Utara, Medan, tanggal 12-13 Oktober 2017 ditemukan adanya berbagai variasi nama / istilah dari MK (Hukum Ketenagakerjaan / Hukum Kerja / Hukum Perburuhan) dan isi bahan ajarnya. Perkembangan dunia dewasa ini juga telah mendorong Universitas untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi tertentu. Hal ini yang mengharuskan Direktorat Jenderal Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) untuk mewajibkan Universitas mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi. Sejalan dengan tujuan tersebut, sangatlah wajar bila Fakultas Hukum di Indonesia memikirkan Kurikulum Hukum Ketenagakerjaan berbasis Kompetensi.

PANITIA SIMPOSIUM NASIONAL:
Dr. Ida Susanti, SH. LL.M.
FH UNPAR, Jl. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141
Phone: 081224587148

Lokasi Kegiatan:
Ruang Aula (2305) – Gedung 2 Fakultas Hukum
Universitas Katolik Parahyangan
Jl. Ciumbuleuit No. 94, Bandung

Pendaftaran selambat-lambatnya tanggal 20 Juli 2018, jumlah peserta maks. 125 peserta