Fakultas Hukum Mengajar 2019

Fakultas Hukum Mengajar 2019 (FHM 2019) adalah program yang diselenggarakan oleh Divisi Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPSIH) periode 2019 Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan Bandung. FHM 2019 ini adalah kegiatan yang berbentuk penyuluhan yang diselenggarakan terhadap siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMP yang dituju adalah SMPN 61 Bandung yang beralamat di Jalan Bbk. Haji Tamim No. 33 Padasuka, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Materi dari penyuluhan ini antara lain mengenai bahaya narkoba, bullying dan cyberbullying, minuman keras, rokok dan hoax. Materi-materi tersebut dipilih berdasarkan konsultasi dengan pihak-pihak sekolah dan bahwa materi-materi yang dibawakan adalah relevan dengan kondisi anak remaja yang mempunyai tingkat keingintahuan yang tinggi.

            Tujuan diselenggarakannya FHM 2019 ini adalah agar siswa/i SMPN 61 Bandung ini dapat mengetahui mengenai bahaya dari narkoba, bullying dan cyberbullying, minuman keras, rokok dan hoax dan dapat dilakukan upaya preventif atau pencegahan untuk menghindari tindakan-tindakan yang melanggar peraturan tersebut dan tentunya agar siswa/i SMPN 61 dapat menyadari adanya ketentuan yang mengatur akan hal-hal tersebut. Penyelenggaraan FHM 2019 dilangsungkan selama 2 (dua) hari pada hari Rabu dan Kamis tanggal 23 dan 24 Oktober 2019. Pemberi materi pada kegiatan ini juga melibatkan 2 (dua) institusi pemerintahan antara lain Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kejaksaan Negeri Kota Bandung. Selain kegiatan penyuluhan mengenai materi-materi sebagaimana tersebut di atas, kegiatan FHM 2019 ini juga diselenggarakan dengan berbagai rangkaian acara yang juga menarik antara lain dengan diadakannya berbagai macam permainan, tanya jawab dan juga pembagian hadiah menarik agar siswa/i juga tidak hanya mendapatkan materi juga mendapatkan hiburan dari berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan.

            Kegiatan FHM 2019 pada hakikatnya merupakan bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan melalui HMPSIH dengan memberikan sebagian dari ilmu yang didapat di dalam fakultas. Pengabdian terhadap masyarakat ini juga sebagai penerapan dari sesanti Universitas Katolik Parahyangan yaitu, Bakuning Hyang Mrih Guna Santjaja Bhakti yang berarti berdasarkan Ketuhanan menuntut ilmu untuk diabdikan kepada masyarakat, hal tersebut adalah hal yang paling penting dari seluruh rangkaian acara FHM 2019 yaitu menerapkan sesanti dan juga membawa identitas Universitas Katolik Parahyangan Bandung.