FH UNPAR Bekerja Sama Dengan Berita Satu Media Holding Dan Dewan Perwakilan Daerah RI Menyelenggarakan FGD Urgensi Haluan Negara Dalam Menentukan Arah Pembangunan Nasional Dan Daerah

Haluan negara ibarat rambu penunjuk jalan atau pedoman bagi Indonesia, yang tanpanya Indonesia tampak maju tanpa arah. Di lain sisi, sudah barang tentu tidak boleh gegabah dalam mengubah sistem ketatanegaraan Indonesia. Diperlukan urgensi yang nyata dalam menghidupkan kembali haluan negara untuk Indonesia. Oleh karena itu pada Kamis 5 Desember 2019, BeritaSatu Media Holdings bersama dengan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dan Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH UNPAR) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Urgensi Haluan Negara Dalam Menentukan Arah Pembangunan Nasional dan Daerah”.

Beberapa poin penting yang dihasilkan FGD ini antara lain adalah diperlukannya dokumen tertulis sebagai desain pembangunan yang lengkap, sistematis dan mengikat. Mengingat bahwa pada saat ini sistem politik pemerintahan membuka peluang yang besar akan arah pembangunan yang tidak menentu karena visi dan misi partai politik masing-masing yang berbeda, sehingga mengakibatkan arah pembangunan yang tidak menentu arahnya juga.

FGD tersebut dipandu oleh Primus Dorimulu yang juga adalah Pemimpin Redaksi BeritaSatu dan menghadirkan para panelis: Wakil Ketua MPR RI Bpk. Fadel Muhammad, Wakil Ketua DPD RI Bpk. Nono Sampono, Ketua Komite I DPD RI Bpk. Teras Narang, Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM Bpk. Widodo Ekatjahjana, anggota DPD RI dari Jawa Barat Ibu Eni Sumarni, serta  Pakar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum UNPAR Prof. Asep Warlan Yusuf.

FGD ini juga dihadiri oleh segenap civitas akademik Fakultas Hukum Unpar, serta para tamu undangan dari institusi pendidikan hukum yang berada di wilayah Bandung dan Jawa Barat.

Dengan penyelenggaraan FGD ini, diharapkan dapat semakin mematangkan wacana pembentukan kembali konsep haluan negara dengan menampung ide dan pemikiran dari para peserta FGD.

Sumber lain : BeritaSatu – Suara Pembaruan