Penyusunan Rencana Studi

Dalam masa ini setiap mahasiswa berkewajiban untuk menjalani kegiatan-kegiatan berikut ini :

  1. Pengambilan Buku Juklak.
  2. Sebelum melaksanakan kegiatan akademik, setiap mahasiswa wajib mempelajari dengan seksama ketentuan – ketentuan yang tercantum dalam Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Akademik (selanjutnya disebut “Juklak”) ini. Setiap mahasiswa berhak mengambil Juklak secara cuma – cuma di loket Tata Usaha Fakultas Hukum setiap waktu kerja dengan menunjukkan Kartu Mahasiswa.

  3. Perencanaan Studi
  4. Setelah mahasiswa mengetahui seluruh Nilai Akhir matakuliah yang dtempuh pada semester sebelumnya dan dengan berpedoman pada Juklak, mahasiswa wajib merencanakan pengambilan matakuliah yang hendak ditempuh pada semester yang akan datang. Kewajiban tersebut diwujudkan dengan cara mengambil 1 (satu) eksemplar Formulir Perwalian secara cuma – cuma pada:

    ● tanggal 2 – 3 Agustus 2016 (Semester Ganjil 2016/2017)
    ● tanggal 11 – 12 Januari 2017 (Semester Genap 2016/2017)

    di loket Tata Usaha Fakultas Hukum, serta mengisi Formulir Perwalian tersebut dengan benar. Formulir Perwalian terdiri atas 3 lembar karbonasi (Putih, Merah, dan Kuning). Setelah diisi secara lengkap, lembar warna Putih dan Merah wajib disimpan oleh mahasiswa, lembar berwarna Kuning untuk masa Pendaftaran Rencana Studi ke Loket Tata Usaha, dan lembar berwarna Merah digunakan untuk masa Perubahan Rencana Studi.

    Mahasiswa bertanggungjawab penuh atas kebenaran pengisian Formulir Perwalian. Karena itu, sebelum menuangkan rencana pengambilan matakuliah ke dalam Formulir Perwalian, mahasiswa diwajibkan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan Dosen Wali. Pengisian Formulir Perwalian harus memperhatikan Prasyarat Matakuliah dan Alur Matakuliah. Sistem Informasi Akademuk akan menolak matakuliah yang diambil apabila Prasyarat Matakuliah dan/atau Alur Matakuliah di atas dilanggar.

  5. Perwalian Akademik
  6. Setelah menentukan rencana pengambilan matakuliah, mahasiswa wajib menghadap Dosen Wali sesuai jadwal perwalian yang sudah ditentukan, untuk mengevaluasi hasil studi semester sebelumnya dan berkonsultasi tentang strategi pembelajaran pada semester yang bersangkutan. Konsultasi secara pribadi dengan Dosen Wali sangat penting untuk kelancaran studi mahasiswa. Dengan demikian, perwalian akademik tidak boleh dikuasakan/diwakilkan kepada siapapun.

    Dalam proses perwalian, Dosen Wali harus memberikan pengarahan/bimbingan pada setiap mahasiswanya dengan mempertimbangkan Data Perkembangan Studi, Laporan Hasil Studi semester sebelumnnya, dan hal – hal lain yang perlu diinformasikan. Setelah mahasiswa menyepakati rencana studi bersama Dosen Wali, maka mahasiswa wajib mengisi Formulir Perwalian untuk ditandatangani oleh Dosen Wali.

  7. Pendaftaran Rencana Studi
  8. Setelah melaksanakan Perwalian Akademik, mahasiswa wajib menyimpan Formulir Perwalian lembar (warna putih) menyerahkan Formulir Perwalian (lembar warna kuning) yang telah ditandatangani oleh Dosen Wali ke Loket Tata Usaha Fakultas Hukum pada :
    ● tanggal 2 – 3 Agustus 2016 (Semester Ganjil 2016/2017),
    ● tanggal 11 – 12 Januari 2017 (Semester Genap 2016/2017)
    sebagai syarat dibukanya studentportal yang bersangkutan.

    Setelah pembukaan studentportal, mahasiswa berhak melakukan Pendaftaran Rencana Studi atau Pendaftaran Matakuliah via intranet atau internet, pada :
    ● tanggal 4 – 5 Agustus 2016 (Semester Ganjil 2016/2017),
    ● tanggal 12 – 13 Januari 2017 (Semester Genap 2016/2017)

  9. Memperhatikan Jadwal Kuliah dan Pembagian Kelas Sementara
  10. Setelah proses Pendaftaran Rencana Studi, Fakultas mengumumkan Jadwal Kuliah dan Pembagian Kelas Sementara pada :
    ● tanggal 12 Agustus 2016 (Semester Ganjil 2016/2017),
    ● tanggal 20 Januari 2017 (Semester Genap 2016/2017)
    Jadwal kuliah maupun Pembagian Kelas Sementara hanya berlaku selama perkuliahan pada Masa Uji Coba Rencana Studi.

  11. Menjalani Masa Uji Coba Rencana Studi
  12. Selama Masa Uji Coba rencana Studi berlangsung mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengukur beban studinya. selain itu selama masa uji coba tersebut mahasiswa dapat memperoleh gambaran nyata tentang materi kuliah dari matakuliah – matakuliah yang ditempuhnya.

    Perkuliahan pada Masa Uji Coba Rencana Studi dilaksanakan melalui perkuliahan di kelas – kelas oleh dosen. Kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan masa uji coba dicatat dengan pengisian Daftar Hadir Kuliah. Jumlah kehadiran selama Masa Uji Coba Rencana Studi akan diperhitungkan dalam penentuan hak tempuh Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa yang bersangkutan.

    Apabila beban studi yang telah direncanakan dirasa memberatkan atau susunan matakuliah yang diambil dianggap tidak sesuai, maka mahasiswa berhak untuk melakukan Perubahan Rencana Studi pada masa Perubahan Rencana Studi pada :
    ● tanggal 29 – 30 Agustus 2016 (Semester Ganjil 2016/2017),
    ● tanggal 6 – 7 Februari 2017 (Semester Genap 2016/2017).

  13. Menjalani Masa Perubahan Rencana Studi
  14. Pada Masa Perubahan Rencana Studi, mahasiswa berhak untuk merubah rencana studinya bila dipandang perlu. Perubahan Rencana Studi mungkin dilakukan mahasiswa karena, misalnya, terdapat matakuliah tertentu yang dirasa memberatkan atau dirasa belum tepat untuk ditempuh, atau terdapat jadwal kuliah dan/atau jadwal ujian yang bersamaan waktunya, sehingga dirasa membebani mahasiswa yang bersangkutan, atau karena alasan – alasan lain yang dapat dipertanggungjawabkan.

    Selain itu, pada masa Perubahan Rencana Studi, mahasiswa hanya dapat menggunakan haknya untuk merubah rencana studi, dalam arti menambah, mengurangi, dan/atau mengganti matakuliah yang sebelum didaftarkan pada masa Pendaftaran Rencana Studi. Mahasiswa pada dasarnya tidak diijinkan untuk melakukan perwalian dan Pendaftaran Rencana Studi untuk pertama kalinya pada masa Perubahan Rencana Studi. Mahasiswa yang tidak mungkin menjalankan proses perwalian dan pendaftaran rencana studi pada masa Pendaftaran Rencana Studi disarankan untuk mengajukan permohonan Cuti Studi selambat – lambatnya pada akhir Masa Perubahan Rencana Studi.

  15. Prosedur Perubahan Rencana Studi
  16. Jika mahasiswa hendak menggunakan haknya untuk merubah rencana studi seperti yang dimaksud pada angka 7 di atas, maka mahasiswa yang bersangkutan harus mengahadap dosen wali pada :
    ● tanggal 29 Agustus 2016 (Semester Ganjil 2016/2017),
    ● tanggal 6 Februari 2017 (Semester Genap 2016/2017).

    Perwalian dalam rangka Perubahan Rencana Studi merupakan sarana bagi mahasiswa untuk kembali mengkonsultasikan, mengevaluasi dan/atau merundingkan dengan Dosen Wali mengenai matakuliah yang akan dirubah pada semester yang bersangkutan. Jika mahasiswa sudah mendapat kepastian tentang adanya perubahan, maka perubahan tersebut ditulis pada BAGIAN PERUBAHAN dari Formulir Perwalian.

    Matakuliah yang dibatalkan diberi tanda silang (X) di bawah kolom “BTL”, matakuliah yang ditambahkan ditulis kelas paralel yang dipilih (A, B, C, dan seterusnya) di bawah kolom “TBH”. Selain itu Formulir Perwalian yang sudah diisi harus ditandatangani oleh mahasiswa dan dosen wali pada kolom perubahan, kemudian didaftarkan pada Loket Tata Usaha untuk diproses perubahan matakuliah dan kelas paralel tetapnya.

  17. Memperhatikan Pengumuman Jadwal Kuliah Tetap
  18. Setelah masa Perubahan Rencana Studi, Fakultas mengumumkan Jadwal Kuliah Tetap pada :
    ● tanggal 2 September 2016 (Semester Ganjil 2016/2017),
    ● tanggal 10 Februari 2017 (Semester Genap 2016/2017).
    Dengan diumumkannya Jadwal Kuliah Tetap, maka jadwal atau kelas paralel matakuliah yang ditempuh oleh mahasiswa pada masa sebelum Perubahan Rencana Studi dapat mengalami perubahan. Karena itu, setiap mahasiswa wajib memperhatikan Pengumuman Jadwal Kuliah Tetap.

X