Pedoman Penelitian dan Penulisan Hukum (Sarjana, Magister dan Doktor)

Bagi mahasiswa/i Program Studi Hukum Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor yang akan dan/atau sedang mempersiapkan serta menyusun penelitian dan penulisan hukum dapat mengunduh serta mempelajari file di bawah. File ini dapat dijadikan pedoman atau acuan bagi para mahasiswa Sarjana, Magister, dan Doktor Program Studi Hukum untuk melakukan penelitian dan menuliskan hasil penelitiannya, baik dalam bentuk legal memorandum (LM), studi kasus/studi putusan, maupun skripsi, juga tesis dan disertasi. Dua yang disebut terakhir ini adalah bentuk khusus untuk karya akademik jenjang Magister dan Doktor  Program Studi Hukum. File ini merupakan hasil pengembangan pedoman tentang penelitian dan penulisan hukum yang dilakukan oleh Laboratorium Hukum UNPAR.

Berikut tautan file Pedoman Penelitian dan Penulisan Hukum sebagai berikut :

Pedoman Penulisan Hukum Sarjana

Pedoman Penulisan Hukum Magister

Pedoman Penulisan Hukum Doktor

Penting untuk dipahami bahwa pedoman penulisan ini bukanlah sesuatu yang mutlak, melainkan dapat disesuaikan dengan pandangan atau gaya penulisan dari dosen pembimbing penelitian dan penulisan hukum.

Di samping pedoman penyusunan dan penulisan yang diberikan di sini, dapat juga dipelajari serta dirujuk dua sumber lain (yang sebenarnya menginspirasi isi pedoman ini), yakni:

  1. Bab IV buku Pedoman Penulisan Esai Akademik Bagi Mahasiswa Ilmu Hukum, yang ditulis oleh A.F. Elly Erawaty (terbitan Refika Aditama, Bandung, 2012) yang mengacu pada The Bluebook;
  2. Pedoman yang digunakan sebagai acuan wajib di dalam jurnal ilmu hukum terbitan FH UNPAR, Veritas et Justitia.

Prinsip utama di dalam penulisan format gaya selingkung adalah konsistensi penulisan. Jadi, misalnya, jika penulis telah menggunakan format sesuai gaya Chicago atau Turabian, maka seluruh susunan catatan kaki, daftar pustaka, dan perujukan di dalam penulisannya harus konsisten (tidak boleh dicampuraduk dengan gaya lain).

X